Langsung ke konten utama

10 Hal yang Harus di Ketahui Oleh Pengguna Android

Hai, Sahabat WartaCrew.
Kali Ini Admim Memberikan Informasi penting loh, Khusus pengguma androis yang baru belajar.
Ingin tahu Apa saja yang Harus Diketahui Oleh Pengguna Android Baru.

1. Perlakukan seperti PC untuk meningkatkan performa

AIO Toolbox Inc
Aplikasi All-in-One Toolbox

Smartphone tak ubahnya PC miniatur yang muat di genggaman tangan. Cara kerjanya pun sebenarnya sama, misalnya soal manajemen memori.

Seperti PC, Android akan melambat jika RAM atau media penyimpanan internal terlalu penuh. Untuk kembali meningkatkan kinerja, Anda bisa mematikan program aktif yang sedang tidak terpakai melalui task manager yang biasanya disediakan oleh perangkat Android.

Lakukan pula “bersih-bersih” media internal dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau file lama, seperti foto atau video yang sudah di-backup terlebih dahulu. Program cleaner seperti All-in-One Toolbox bisa membantu Anda dalam hal ini.

2. Manfaatkan kebebasan modifikasi

Aneka widget yang menampilkan berbagai informasi bisa diletakkan di homescreen Android

Salah satu kelebihan utama Android dibanding platform mobile lain adalah kebebasan modifikasi yang ditawarkannya.

Pengguna bisa menaruh aneka widget di homescreen dan lockscreen.

E-mail atau timeline Twitter, misalnya, bisa langsung dilihat tanpa perlu membuka aplikasi, begitu juga dengan informasi lain, mulai dari cuaca di daerah sekitar hingga pergerakan nilai saham.

Aturlah perangkat Android sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan penggunaan Anda agar lebih mudah dipakai.

3. Taruh alamat di lockscreen

Informasi yang tertulis di kotak Owners Info akan ditampilkan di lockscreen

Memang, kejadian pencurian kerap menimpa gadget belakangan ini. Namun, untuk sekadar berjaga-jaga saja, bisa saja ponsel Anda hilang atau tertinggal dan ditemukan oleh orang yang berniat ingin mengembalikan, ada baiknya menaruh alamat dan informasi kontak di lockscreen.

Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings > Security > Screen security> Owner info. Di sini ada boks kecil tempat Anda bisa mengetik informasi alamat untuk ditampilkan di lockscreen.

Ingin melacak posisi ponsel? Anda bisa melakukannya lewat “Googling”. Cukup ketik kata kunci “Find my phone” di peramban, dan Google Search akan menampilkan posisi ponsel Anda lewat tampilan Google Maps.

Jika diperlukan, Anda juga bisa membunyikan ringtone ponsel atau melakukan remote wipe lewat fasilitas “Find my phone” tadi. Ini berguna untuk mencegah agar jangan sampai data penting pada ponsel jatuh ke tangan orang yang tak bertanggung jawab,

4. Bawa powerbank atau baterai cadangan

Pengguna ponsel pintar pasti sudah paham bahwa baterai perangkat ini tak bisa bertahan lama. Beberapa smartphone berkinerja tinggi yang dipakai secara intensif bahkan tak bisa bertahan lebih dari setengah hari.

Sebab itulah, powerbank sudah menjadi aksesori “wajib” para pengguna untuk memperpanjang masa pemakaian gadget kesayangan. Apabila memiliki perangkat yang baterainya bisa dilepas, Anda juga bisa membeli baterai ekstra sebagai alternatif.

Baterai ekstra akan langsung “menyegarkan” ponsel tanpa perlu terus-menerus terhubung lewat kabel seperti powerbank. Namun, biasanya satu jenis baterai hanya bisa dipakai untuk satu tipe perangkat.

5. Nyalakan enkripsi untuk melindungi data

Perangkat Android sedang melakukan enkripsi

Peringatan: tips yang satu ini sebenarnya tidak perlu dilakukan, kecuali Anda benar-benar takut file yang tersimpan di dalam perangkat Android jatuh ke tangan orang lain.

Untuk melakukannya, bukalah menu> Security > Encryption, dan pilih “Encrypt phone”. Anda akan diminta untuk membuat PIN. Kode PIN ini akan diminta setiap kali Anda menyalakan ponsel.

Proses enkripsi biasanya memakan waktu cukup lama, sekitar 1 jam, dan hanya bisa dibalikkan melalui factory reset. Informasi yang terenkripsi juga lebih lamban diakses. Selengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

6. Coba-coba "launcher" alternatif

Kebebasan modifikasi lain yang juga disediakan oleh Android adalah Anda bisa mengganti-ganti launcher alias antarmuka utama yang mengisi tampilan homescreen.

Beberapa contoh launcher yang populer, misalnya Nova Launcher. Banyak pula pilihan launcher lain yang tersedia di Google Play Store. Anda bisa mencoba-coba mereka dengan bebas, siapa tahu, salah satunya cocok.

Ingin modifikasi lebih jauh? Anda bisa mencoba custom ROM alias OS Android hasil modifikasi yang akan menggantikan OS Android bawaan ponsel.

Ada fungsi-fungsi tambahan yang bisa dibuka oleh custom ROM. Salah satu contoh custom ROM yang terkenal adalah CyanogenMod.

7. Nyalakan “Ok Google”

Fitur Google Search bisa dipanggil dengan mengucap Ok Google

Anda bisa memberi perintah suara untuk melakukan pencarian dari layar mana pun di aplikasi Android dengan mengatakan "Oke Google".

Fitur ini harus dinyalakan terlebih dahulu dengan membuka aplikasi Google, memilih icon “Menu”, lalu Settings > Voice > “Ok Google” detection. Berikan tanda centang pada boks “From Google App.

Berikutnya, berikan tanda centang pada boks “From any screen” atau “Always on”. Ikuti instruksi yang muncul pada layar.

Nah, sekarang Anda bisa memanggil fitur pencarian Google dari layar mana pun di ponsel dengan mengucap “Ok Google”! Perlu ditambahkan bahwa beberapa setting terkait “Ok Google” hanya tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Android 4.4 ke atas.

8. Buka Developer Options

Opsi Developer Options pada smartphone Android

Ini adalah satu easter egg yang menarik pada ponsel Android. Dengan fitur “rahasia” berupa Developer Options, Anda bisa mengakses sejumlah opsi pengaturan tingkat lanjut, seperti jeda waktu animasi dan USB debugging.

Cara mengaktifkan Developer Options cukup unik. Anda harus membuka menu “About phone” di dalam layar Settings. Lalu, ketuk bagian “Build Number” (berisi nomor versi sistem operasi) sebanyak tujuh kali.

Sebuah pemberitahuan berbunyi “You’re now a developer!” kemudian akan muncul dan Anda bisa mengakses Developer Options dari dalam menu Settings.

9. Taruh "widget" di Lockscreen

Widget juga bisa diletakkan di Lock Screen

Widget yang menampilkan berbagai macam informasi berguna bukan hanya bisa ditaruh di homescreen alias layar utama Android, melainkan juga lockscreen ketika layar dalam keadaan terkunci.

Untuk mengaktifkan fitur ini, bukalah menu Settings > Security lalu pilih “Enable widgets”. Lalu pergilah ke lockscreen dan sapukan jari ke kiri.

Di sini akan muncul tanda “+” berukuran besar yang bisa dipakai untuk menambah aneka widget di layar lockscreen, mulai dari e-mail, Google Now, hingga informasi cuaca dan notifikasi pesan.

10. Jelajahi toko aplikasi lain

Google memang menyediakan toko aplikasi Android bernama Google Play Store, tetapi aplikasi yang Anda gunakan tak harus berasal dari sana.

Ada sejumlah penyedia toko aplikasi lain yang bisa dijelajahi. Misalnya Amazon App Store yang sering kali menawarkan promo aplikasi berbayar yang dibuat jadi gratis.

Untuk memasang aplikasi yang diperoleh dari sumber lain di luar Google Play Store (dalam bentuk file APK, termasuk aplikasi Amazon App Store), Anda perlu mengaktifkan opsi “Unknown sources” di menu Settings > Security.

Hati-hatilah dalam mengunduh aplikasi dari sumber yang mencurigakan karena bisa saja ada program jahat alias malware yang menyusup.

Demikiam Informasi yang dapat Admin Berikan Mudah-mudahan bermanfaat bagi Kalian semua.

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Terima kasih untuk artikelnya...

    Ayo dapatkan buku2 baru berdiskon hanya di :

    http://honbookstore.com

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Artikel Populer

[reupdate]Pilih Nahwa Untuk Jasa Travel dan Rental Mobil di Malang

Pilih Nahwa Untuk Jasa Travel dan Rental Mobil di Malang . Para pengunjung sekalian saya akan membahas ulasan tentang nahwa. Apa itu Nahwa? Nahwa.co.id adalah sebuah website jasa travel dan rental mobil yang beralokasi di malang. Jasa travel dan rental mobil nahwa berdiri sejak tahun 2013 tentu ini keberhasilan untuk layanan jasa travel dan rental mobil. Bayangkan 3 tahun bergelut di bidang ini dan website tersebut melayani clientnya dengan baik bahkan nahwa travel sudah sangat di percaya dan pasti direkomendasikan ke teman dari client tersebut dan termasuk anda yang sedang membaca ulasan untuk nahwa. Liburan membutuhkan kendaraan sedangkan anda yang berasal dari keluarga berkecukupan tidak mempunyai kendaran, maka nahwa solusinya dari permasalahannya. Jasa Travel adalah jasa yang sangat dicari tiap orang untuk liburan dengan adanya nahwa di malang maka semua teratasi, misalkan kalau untuk sekolah-sekolah yang ingin study tour bisa menghubungi nahwa dengan sangat mudah kan a