Skip to main content

Tuntutan Untuk Google ternyata Bukan dari Suara ICMI

Hai Sobat WartaCrew.
Akhirnya masalah Clear Juga pada hari ini setelah berbagai macam tumpang tindih, akhirnya ICMI mengakui bahwa Tuntutan Pemblokiran Tersebut bukan darinya.

Pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jafar Hafsah menuai kontroversi. Melalui edaran resmi pada Selasa (7/6/2016), ia menuntut pemerintah memblokir Google dan YouTube karena dianggap menyebarkan konten berbau pornografi.

Media massa dan masyarakat umum menyangka edaran tersebut mewakili atau suara dari ICMI secara institusi. Nyatanya, itu cuma opini pribadi Jafar. Setidaknya begitu yang tercantum pada kicauan Ketua ICMI Jimly Asshidique.

Jimly mengimbau masyarakat agar tak menanggapi pernyataan Jafar secara serius. Ia bahkan mengatakan bahwa Google dan YouTube sangat berguna, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu (8/6/2016) dari akun Twitter @JimlyAS.

    Itu cuma pernyataan pribadi pak sekjen. Jngn dianggap trlalu serius. Google& youtube jstru sngat brguna di Medsos. https://t.co/s4bvXQxsrY
    — Jimly Asshiddiqie (@JimlyAs) June 7, 2016

Wakil Ketua Umum ICMI Bidang Iptek, Inovasi, dan Kewirausahaan Ilham Akbar Habibie seiya sekata dengan Jimly. Menurut dia, Google dan YouTube telah bersikap kooperatif dengan pemerintah dalam hal filterisasi konten berbau SARA.

Hal ini menunjukkan bahwa Jafar berlainan opini dengan Jimly dan Ilham meskipun satu organisasi. Ilham mengatakan, ICMI bakal mendiskusikan isu ini secara internal.

Saya kira sebelum ada tindak lanjut atas pernyataan Sekjen ICMI (Jafar Hafsah) kemarin. Akan ada pembahasan internal dulu,” ia menuturkan.

Pemerintah tak mungkin blokir YouTube dan Google

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan tak akan serta-merta memblokir Google dan YouTube. Sebab, pelarangan itu bertentangan dengan prinsip negara demokrasi yang menjamin kebebasan informasi.

Soal konten kekerasan seksual yang dikhawatirkan Jafar, pemerintah akan segera mengeluarkan payung hukum untuk mengaturnya.

Saat ini, pemerintah masih menggodok Rancangan Peraturan Menteri (RPM) tentang Penyediaan Layanan Aplikasi dan/atau Konten Melalui Internet, yang disebut juga sebagai (RPM) OTT.

Salah satu poin aturan yang masih berbentuk draf tersebut menyebutkan, layanan internet semacam Google dan YouTube harus membersihkan diri dari konten berbau SARA.

Comments

Artikel Populer

Pengertian Hadast Besar dan Hadast Kecil

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, Setelah kemarin kita membahas tentang masuknya Waktu Shalat, kita lanjutkan ke Pengertian Hadats Besar dan Hadast Kecil. Hadats Besar yaitu hadats yang mewajibkan mandi, hadats ini disebabkan karena adanya 6 sebab, tiga diantaranya bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan yaitu : bersetubuh, keluar mani dan mati; dan tiga yang lain khusus bagi orang perempuan yaitu : haidl(datang bulan) , nifas dan melahirkan. Mandi yaitu mengalirkan air yang suci ke seluruh anggota badan diratakan keseluruh bagian tubuh termasuk rambut kepala disertai dengan niat. Orang yang junub (karena bersetubuh atau keluar mani) hendaklah berniat untuk menghilangkan hadats besarnya yang berupa junub; dan sebaiknya niat itu di tolong dengan ucapan: Nawaitul ghusla lirof'il chadatsil akbari minal janaabati fardloo lillaahita'aalaa. Artinya : Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar yang berupa junub fardlu karena Allah ta'ala.Tamy…

Suci, Badan, Pakaian, dan Tempat dari Najis

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, tidak terasa waktu zaman sekarang begitu cepat dan artikel inipun akan sampai pada puncaknya. Suci badan, pakaian dan tempat shalat dari najis Apabila seseorang hendak mengerjakan shalat maka ia harus suci dari segala najis baik badan, pakaian maupun tempat shalat. Allah ta'alaa berfirman : Innallaha yuchibbut tawwaabiina wa yuchibbul mutathohiriina. (Al-Baqoroh : 222). Artinya : Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang taubat dan mencintai orang-orang yang suci. Adapun benda-benda yang dianggap najis adalah sebagai berikut:
Bangkai dari binatang darat yang berdarah kecuali mayat manusia. Adapun mayat manusia, bangkai binatang laut dan bangkai binatang darat yang tidak berdarah ketika masih hidupnya semuanya itu adalah suci.Bagian badan binatang yang diambil dari tubuhnya selagi binatang itu hidup.Nanah. Segala macam nanah baik yang cair maupun yang kental, baik yang basah maupun kering adalah najis.Darah. Baik i…

Streaming Video Tanpa Kuota, Paket Khusus dari Three

Hai, Kawan WartaCrew.
Kali ini saya akan membagikan informasi penting bagi pecandu video youtube, kenapa penting?
Karena ada paket khusus bulan ramadhan dari tri yaitu streaming video tanpa kuota, wow is amazing.
Operator seluler Hutchison 3 Indonesia (Tri) meluncurkan tiga paket value added service sepanjang bulan Ramadhan 2016. Paket-paket itu disesuaikan dengan kebiasaan pengguna di Indonesia di saat bulan Ramadhan. Salah satunya, streaming video tanpa batas kuota.Diterangkan David Adiwijaya, Head Inbase Marketing Hutchison 3 Indonesia, berdasar pengalaman Tri, perubahan orang-orang Indonesia selama bulan Ramadhan adalah memperbanyak ibadah, silaturahmi, dan kebutuhan internet yang meningkat."Karena itu kami sediakan paket-paket yang sesuai untuk mereka," ujar David di acara jumpa media di Jakarta, Sabtu (4/6/2016).Paket pertama, bagi yang ingin beribadah, Tri menyediakan konten-konten islami yang bisa diakses melalui ponsel dengan mengetik *786#.Di dalam menu tersebut te…