Langsung ke konten utama

Belajar Off-Page SEO Cepat dan Mudah

Selain anda belajar On Page SEO, Off page SEO adalah bagian penunjang lainnya untuk meningkatkan rangking sebuah blog. Seperti yang telah kita ketahui, untuk membangun sebuah blog dengan rangking yang dipandang layak oleh mesin pencari kita perlu membangun jaringan link. Yang perlu kita lihat disini bukanlah mengenai jumlah link yang telah kita bangun, tetapi kualitas link yang kembali sebagai backlink. Pastikan backlink  yang kita dapatkan itu dari sebuah website yang ternama, sehingga backlink tersebut memberikan efek yang bagus untuk blog. Dapatkan sumber terpercaya seperti dari website universitas, website perusahaan ternama ataupun website surat kabar. Cobalah dengan menciptakan backlnik yang sehat agar mesin pencari menyukain blog kita, hindari pula penggunaan tools.SEO Off Page merupakan kebalikan dari SEO On p|Page. Jadi hal-hal atau faktor yang dioptimalkan terletak pada luar website atau blog yang akan kita optimasi. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan Off Page SEO.
#1 MEMBANGUN KOMUNITAS DI SITUS JEJARING SOSIAL
Kita tentu mengetahui bagaimana kekuatan dari sebuah komunitas didalam situs jejaring sosial. Di dalam sebuah situs jejaring sosial kita dapat melihat begitu banyak komunitas terbentuk. Kita tentu pernah mengalamai situs jejaring sosial bernamafacebook, twitter, foursquare dan lain lain.Hal apa yang harusnya kita lakukan untuk menanfaatkan komunitas di dalam sebuah situs jejaring sosial untuk menenerapkan Off Page SEO? Pertama yang perlu kita lakukan adalah menggunakan fasilitas fasilitas seperti wall facebook,tweet pada twitterdan lainnya untuk memasarkan link blog kita. Hal kedua setelah promosi adalah menarik komunitas kita untuk mengakses link tersebut. Dan hal terakhir adalah pastikan bahwa komunitas tersebut tepat sasaran dengan link yang kita bagikan. Sebagai contoh, jika kita memiliki blog berisikan ulasan atau artikel makanan, pastikan komunitas kita adalah komunitas makanan atau penyuka makanan. Memang tidak ada salahnya jika kita mempromosikannya secara global, namun hal tersebut kurang efisien.Contoh tweet pada twitter sebagai media promosi
#2 BERBAGI FOTO DI BLOG
Selain melalui komunitas jejaring sosial, Off Page SEO juga dapat kita terapkan melaluui foto. Begitu banyak website yang menyediakan fasilitas untuk dapat mengunggah foto secara cepat dan ringkas. Diantara begitu banyak website yang ada, kita dapat memilih website-website populer. Tujuan kita memilih website yang populer adalah tentunya untuk mendapat backlink yang berbobot. beberapa website yang dapat kita pakai adalah Flickr, Picasa, Photobucket, dan lainnya.Bagaimana kita dapat memenfaatkan website-website tersebut? dan bagaimana blog kita dapat menanjak rangkingnya dimata mesin pencari? Cara mudahnya adalah mulai mengunggah foto-foto produk atau foto yang ada di dalam blog. Setelah foto foto tersebut kita unggah, kitadapat menggunakan link yang disediakan oleh pihak website tersebut untuk dipasangkan pada blog kita. Dan hal terakhir mengatur foto foto tanpa privasi atau bersifat umum untuk dilihat siapapun juga pada website tersebut.
#3 BERBAGI VIDEO DI BLOG
Disamping melalui foto, kita juga dapat menarik mesin pencari melalui fasilitas video. Pada website seperti YouTube, Metacafe, Dailymotion dan lainnya. Sama dengan bagian berbagi foto, kita memanfaatkan dasilitas video yang kita miliki. Kemudian memakai link untuk dipasangkan pada blog, dan yang terakhir mempublikasikan video tersebut untuk kalangan umum. Video apa saja yang dapat kita unggah? Tentunya video yang berkaitan dengan konten blog kita.
#4 MEMASARKAN ARTIKEL BLOG
Sebuah blog pasti memiliki banyak artikel, memanfaatkan artikel yang kita buat dengan mendaftarkan pada salah satu webseite penerima artikel yang ternama seperti Go Articles, Ezine Articles, Buzzle dan lainnya. Dengan memanfaatkan artikeltersebut, kita akan terbantu untuk mendapatkan link yang bagus.
#5 MENCARI BACKLINK
Menurut beberapa survey yang telah dilakukan oleh beberapa badan penyedia jasa SEO yang terkenal diseluruh dunia, terbukti bahwa backlink adalah faktor yangcukup besar dalam menentukan peringkat sebuah situs maupun blog di mesin pencari. Selainsebagi faktor yang cukup berperan dalam menentukan rangking sebuah situs, backlink juga satu satunya unsur dari
OFF PAGE SEO.Namun sayangnya karena backlink merupakan faktor yang cukup dikenal peranannya, banyak sekali orang atau pengembang web yang terlalu memfokuskan tenaganya untuk meningkatkan backlink sebuah situs tanpamengoptimasi faktor on page situs tersebut secara maksimal. Tentu saja hal ini dapat berdampak buruk terhadap situs tersebut karena mesin pencari akan menganggap situs tersebut kurang naturalatau tidak mengalami perkembangan secara alami. Apalagi anda yang masih perlu belajar berSEO.

Komentar

Artikel Populer

Cara Membuat Sitemap Pada Google Webmaster

Seperti pada judul diatas, pada postingan ini saya akan memberitahu anda cara membuat sitemap pada blog, karena hal ini sangat berpengaruh pada SEO blog atau website. Membuat sitemap bertujuan untuk mempermudah google untuk melakukan pencarian. Kali ini kita akan menggunakan GOOGLE WEBMASTER untuk membuat sebuah sitemap. 3 manfaat penerapan sitemap yaitu : 1. Pengunjung akan tahan lama pada blog kita 2. Membuat pembaca atau pencari informasi merasa nyaman 3. Blog kita terlihat proffesional LANGKAH MEMBUAT SITEMAP DENGAN GOOGLE WEBMASTER 1. Lakukan pendaftaran di www.google.com/webmaster/ 2. Setelah di home webmaster anda, Klik Tambahkan situs bertombolkan warna merah. 3. Masukkan Alamat blog / domain blog anda kedalam kotak yang sudah disediakan. 4. Setelah menambahkan, masuk kedalam menu Search Appearance-->Sitelinks. 5. Tambahkan domain anda kedalam kotak " Demosikan URL tautan situs " lalu tambah kan satu per satu kode dibawah setelah domain anda. -  atom.