Skip to main content

Syarat-syarat Wajib Shalat

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, setelah kemarin membahas kedudukan dan hikmah shalat, sekarang kita membahas syarat-syarat Shalat.

Yang pertama adalah syarat-syarat wajib shalat, apa saja syarat-syaratnya :

  1. Islam. Orang yang tidak islam tidak wajib mengerjakan shalat, tetapi ia pasti akan mendapat siksaan nanti di akhirat.
  2. Suci dari haidl dan nifas. Orang-orang perempuan yang sedang haidl (datang bulan) atau baru saja melahirkan tidak wajib mengerjakan shalat.
  3. Berakal. Orang yang tidaj berakal atau orang yang tidak sehat akalnya seperti orang gila, orang yang baru mabuk, pingsan tidaj wajib mengerjakan shalat.
  4. Baligh(dewasa). Orang yang belum baligh tidak wajib mengerjakan shalat. Adapun baligh itu dapat diketahui dengan adanya salah satu tanda -tanda berikut:
    a. Sudah berumur 15 tahun. b . mimpi bersetubuh. c. Mulai keluar darah haidl(datang bulan) bagi anak perempuan
    Bagi orang tua yang mempunyai anak sudah berumur 7 tahun ia harus menyuruhnya untuk mengerjakan shalat ataupun di bawah usia tersebut agar lebih matang lagi keimanannya. Apabila anaknya sudah berumur 10 tahun dan belum mengerjakan shalat maka orang tua itu wajib memukulnya. Yang demikian itu untuk melatih agar anak-anak terlatih dan terbiasa untuk mengerjakannya walaupun shalat itu tidak wajib bagi mereka.
  5. Telah sampainya da'wah kepadanya. Orang yang belum pernah mendapatkan da'wah/seruan agama tidak wajib mengerjakan shalat, dan ia tidak akan disiksa nanti diakhirat.
  6. Dapat melihat dan mendengar. Orang yang buta dan tuli sejak dilahirkan tidak wajib mengerjakan shalat karena tidak ada jalan baginya untuk mempelajari bagaimana cara mengerjakan shalat.
  7. Jaga. Orang yang sedang tidur nyenyak tidak wajib mengerjakan shalat.
.

yang kedua adalah Syarat-syarat sah Shalat Yang dimaksud dengan syarat-syarat sah shalat yaitu apa-apa yang harus dipenuhi apabila seseorang hendak mengerjakan shalat. Apabila salah satu diantara syarat-syarat itu tidak terpenuhi maka tidak akan sah shalatnya. Adapun syarat-syarat sah shalat itu ada lima yaitu :

1. Mengetahui tentang masuknya waktu shalat. 2. Suci dari hadats besar dan hadats kecil. 3. Suci badan, pakaian dan tempat shalat dari najis. 4. Menutup aurat. 5. Menghadap kiblat.
Karena mengingat pentingnya kelima hal tersebut diatas untuk diketahui oleh orang-orang yang akan mengerjakan shalat maka disini saya akan uraikan satu per satu. Tapi di postingan selanjutnya, admin akan kerja dahulu karena sudah waktunya. Sekian dan terima kasih kalian setia mengunjungi blog kami. Mohon maaf bila ada kesalahan teks atau tulisan. Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Comments

Post a Comment

Artikel Populer

Pengertian Hadast Besar dan Hadast Kecil

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, Setelah kemarin kita membahas tentang masuknya Waktu Shalat, kita lanjutkan ke Pengertian Hadats Besar dan Hadast Kecil. Hadats Besar yaitu hadats yang mewajibkan mandi, hadats ini disebabkan karena adanya 6 sebab, tiga diantaranya bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan yaitu : bersetubuh, keluar mani dan mati; dan tiga yang lain khusus bagi orang perempuan yaitu : haidl(datang bulan) , nifas dan melahirkan. Mandi yaitu mengalirkan air yang suci ke seluruh anggota badan diratakan keseluruh bagian tubuh termasuk rambut kepala disertai dengan niat. Orang yang junub (karena bersetubuh atau keluar mani) hendaklah berniat untuk menghilangkan hadats besarnya yang berupa junub; dan sebaiknya niat itu di tolong dengan ucapan: Nawaitul ghusla lirof'il chadatsil akbari minal janaabati fardloo lillaahita'aalaa. Artinya : Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar yang berupa junub fardlu karena Allah ta'ala.Tamy…

Suci, Badan, Pakaian, dan Tempat dari Najis

Assalaamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, tidak terasa waktu zaman sekarang begitu cepat dan artikel inipun akan sampai pada puncaknya. Suci badan, pakaian dan tempat shalat dari najis Apabila seseorang hendak mengerjakan shalat maka ia harus suci dari segala najis baik badan, pakaian maupun tempat shalat. Allah ta'alaa berfirman : Innallaha yuchibbut tawwaabiina wa yuchibbul mutathohiriina. (Al-Baqoroh : 222). Artinya : Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang taubat dan mencintai orang-orang yang suci. Adapun benda-benda yang dianggap najis adalah sebagai berikut:
Bangkai dari binatang darat yang berdarah kecuali mayat manusia. Adapun mayat manusia, bangkai binatang laut dan bangkai binatang darat yang tidak berdarah ketika masih hidupnya semuanya itu adalah suci.Bagian badan binatang yang diambil dari tubuhnya selagi binatang itu hidup.Nanah. Segala macam nanah baik yang cair maupun yang kental, baik yang basah maupun kering adalah najis.Darah. Baik i…

Streaming Video Tanpa Kuota, Paket Khusus dari Three

Hai, Kawan WartaCrew.
Kali ini saya akan membagikan informasi penting bagi pecandu video youtube, kenapa penting?
Karena ada paket khusus bulan ramadhan dari tri yaitu streaming video tanpa kuota, wow is amazing.
Operator seluler Hutchison 3 Indonesia (Tri) meluncurkan tiga paket value added service sepanjang bulan Ramadhan 2016. Paket-paket itu disesuaikan dengan kebiasaan pengguna di Indonesia di saat bulan Ramadhan. Salah satunya, streaming video tanpa batas kuota.Diterangkan David Adiwijaya, Head Inbase Marketing Hutchison 3 Indonesia, berdasar pengalaman Tri, perubahan orang-orang Indonesia selama bulan Ramadhan adalah memperbanyak ibadah, silaturahmi, dan kebutuhan internet yang meningkat."Karena itu kami sediakan paket-paket yang sesuai untuk mereka," ujar David di acara jumpa media di Jakarta, Sabtu (4/6/2016).Paket pertama, bagi yang ingin beribadah, Tri menyediakan konten-konten islami yang bisa diakses melalui ponsel dengan mengetik *786#.Di dalam menu tersebut te…