Langsung ke konten utama

Belajar SEO On-Page Cepat

Pada tahap belajar SEO cepat dan mudah selanjutnya, kita telah bersama-sama belajar bagaimana cara memilih topik dan niche yang tepat bagi blog kita. Kita juga telah mengetahui bahwa niche yang ideal untuk dioptimasi dari segi SEO adalah niche yang tidak terlalu kompetitif. Namun pertanyaan yang muncul adalah bagaimana cara atau teknik yang tepat untuk dapat mengoptimasi SEO sebuah blog tanpa memandang tingkat kompetisi sebuah niche yang telah dipilih?
Contoh niche yang kompetitif alias ramai

Pada dasarnya, cara mengoptimasi SEO bagi blog yang memiliki niche kompetitif dibandingkan dengan cara mengoptimasi SEO bagi blog yang berniche kurang kompetitif adalah sama. Namun tentu saja proses untuk mengoptimasi SEO blog yang ber niche kompetitif membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal terpenting adalah teknik optimisasi yang diimplementasikan harus tepat dan efektif. Teknik SEO yang tepat dan efektif adalah teknik SEO yang seimbang andara SEO on-page dan SEO off-page.

Kesalahan yang kerap ditemui adalah fokus yang terlalu banyak atau berlebihan pada SEO off page sehingga faktor on page anjlok dan mesin pencari dapat dengan mudah mengetahui bahwa blog atau website tersebut berkembang secara natural dan berakibat pada peringkat website yang tidak naik di halaman pencarian. Kemudian muncul pertanyaan: manakah yang perlu didahulukan, on page atau off page?

Berbagai sumber yakin bahwa sumber SEO on-page harus dikembangkan dulu ketimbang mengoptimasi faktor off-page. Keuntungan lain adalah dapat menjaga kekonsistensian peringkat dalam halaman pencarian karena faktor on-page yang relevan akan terus relevan setiap saat faktor-faktor on-page seperti nama domain, penulisan judul dan deskripsi blog cenderung tidak berubah secara drastis. Hal ini tentu sangat berbeda dengan faktor off-page seperti backlink yang kapan saja dapat berubah-ubah atau bahkan hilang sama sekali.

FAKTOR FAKTOR DALAM SEO ON-PAGE :
Setelah kita ketahui bersama-sama bahwa on-page sangat penting untuk dioptimasi terlebih dahulu, kita juga perlu tahu faktor-faktor apa sajakah yang terkandung dalam SEO ON-PAGE.

1. Domain Blog
2. Kualitas Domain blog
3. Judul Utama Blog
4. Deskripsi blog
5. Sitemap Blog
6. Isi atau konten blog
7. Kuantitas (jumlah) dan kualitas Outbond lnik
8. Kuantitas (jumlah) dan kualitas Internal Link
9. Frekuensi Update
.semoga bermanfaat

Komentar

Artikel Populer

Cara Membuat Sitemap Pada Google Webmaster

Seperti pada judul diatas, pada postingan ini saya akan memberitahu anda cara membuat sitemap pada blog, karena hal ini sangat berpengaruh pada SEO blog atau website. Membuat sitemap bertujuan untuk mempermudah google untuk melakukan pencarian. Kali ini kita akan menggunakan GOOGLE WEBMASTER untuk membuat sebuah sitemap. 3 manfaat penerapan sitemap yaitu : 1. Pengunjung akan tahan lama pada blog kita 2. Membuat pembaca atau pencari informasi merasa nyaman 3. Blog kita terlihat proffesional LANGKAH MEMBUAT SITEMAP DENGAN GOOGLE WEBMASTER 1. Lakukan pendaftaran di www.google.com/webmaster/ 2. Setelah di home webmaster anda, Klik Tambahkan situs bertombolkan warna merah. 3. Masukkan Alamat blog / domain blog anda kedalam kotak yang sudah disediakan. 4. Setelah menambahkan, masuk kedalam menu Search Appearance-->Sitelinks. 5. Tambahkan domain anda kedalam kotak " Demosikan URL tautan situs " lalu tambah kan satu per satu kode dibawah setelah domain anda. -  atom.